Motocycle Racer

Blogroll

Pages

Jumat, 18 November 2011

Honda CBR Dengan Katup Turbo

Turbo?? Apaan sih Turbo…turbo bukan turun bero lho…tapi alat pemampat udara yang berfungsi sebagai penambah tenaga,dan tidak di jual bebas di toko aksesoris motor!! Gimana sih Prinsip kerja Turbo??


turbo sebenernya adalah 2alat yang digabung jadi satu dalam 1poros (shaft)….seperti mata uang (koin) disatu sisi turbo ini adalah turbin/diffuser dan disisi lainnya adalah kompressor…tapi anehnya alat ini digabung dalam 1 poros….!!

pada sisi turbin/diffuser, alat ini dialiri gas buang dari header knalpot…karena kecepatannya tinggi dan bersuhu panas maka sudu2/baling2 dalam turbin ini mampu menggerakkan shaft/poros turbo. setelah tak terpakai..waste gas dari header knalpot tadi direlease (dibuang)….nah disisi sebelahnya ada kompresor kan….??!! sudu2/baling2 dalam kompressor ini menghisap udara dari luar dan mengkompresikan-nya kedalam mesin!! karena dalam keadaan setimbang berlaku rumus PV=nRT….maka temperatur udara dari kompresor akan naik…..

jika dipaksakan langsung masuk kedalam mesin, maka kadar oksigen dalam udara yang terkompresi akan berkurang, karena efek pemuaian…untuk mengatasi kerugian tersebut, maka udara dimasukkan dalam Heat ex-changer…ato dalam istilah pabrikan adalah inter-cooler!! sehingga ketika udara akan masuk dalam mesin…setidak2nya temperaturnya mendekati temperatur ambien (normal)….

apakah Turbo cocok buat mesin motor?

pertanyaan ini pasti terdapat membayangi setiap pecinta speed freak…bisa sih bisa…tapi material/bahan mesin harus joss…kalo material yang dipake abal2, mesin akan rompal ketika terjadi lonjakan kompresi dan proses lag (telat adaptasi)…mesin jebol dan tentu saja handling akan liar…(kata nenek berbahaya)!! BBM sejenis premium haram…karena butuh oktan gede agar tidak detonasi…pendinginan juga harus di upgrade agar tidak terjadi kegagalan akibat part yang bergerak macet gara2 kepanasan!!

0 komentar:

Posting Komentar